16+ Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Topik, Alam, Budaya, Sosial!

Estimated read time 19 min read

Di dunia ini ada banyak sekali fenomena atau peristiwa yang terjadi. Hal yang paling umum biasanya sering kita temukan fenomena alam seperti gempa bumi, longsor, dan tsunami. Tidak hanya fenomena alam, fenomena sosial juga sering kita temui di dunia ini, seperti kriminalitas, kemiskinan, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui dengan jelas tentang suatu peristiwa, kita pasti memerlukan suatu informasi, baik berupa teks atau berita di TV dan sosial media.

Berbicara tentang teks, ada banyak sekali jenis teks yang bisa kita temui selama ini. Salah satu informasi yang bisa kita dapatkan tentang fenomena atau peristiwa alam, yaitu melalui teks eksplanasi. Kamu mungkin pernah membaca artikel tentang bencana alam atau fenomena sosial di media massa. Tak hanya itu, kamu juga biasa mendapatkan informasi mengenai suatu fenomena lewat buku IPA, Geografi, sejarah dan lain sebagainya. Informasi-informasi yang kamu dapat melalui buku sekolah atau artikel merupakan salah satu contoh teks eksplanasi. Apa itu teks eksplanasi? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teks eksplanasi, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa untuk mengetahui tentang suatu peristiwa, kita memerlukan sebuah informasi, salah satunya melalui teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi penjelasan atau informasi mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik peristiwa sosial maupun alam yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari.

Melalui teks eksplanasi, kita akan mengetahui lebih detail mengenai suatu peristiwa yang terjadi di kehidupan kita. Oleh karena itu, teks eksplanasi dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan bagi para pembacanya.

Struktur Teks Eksplanasi

Pengertian Cerpen

Sebelum mengetahui apa saja contoh teks eksplanasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai struktur teks eksplanasi agar memudahkan kamu dalam membuat teks eksplanasi. Berikut akan diperjelas lebih dalam mengenai struktur teks eksplanasi.

1. Pernyataan Umum / identifikasi fenomena

Saat membuat teks eksplanasi, kamu harus mengetahui, mencari, dan mengidentifikasi secara umum tentang suatu fenomena yang terjadi. Ada banyak sekali fenomena atau peristiwa yang dapat diidentifikasi, seperti fenomena alam, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Secara umum teks eksplanasi akan menggunakan kata kopula seperti “adalah” atau “ialah”. jadi, kata-kata kopula akan sering muncul dalam teks eksplanasi.

2. Penggambaran kejadian / unsur sebab akibat

Setelah mengetahui gambaran umum tentang suatu fenomena atau peristiwa, selanjutnya kamu akan menentukan rangkaian kejadian dalam suatu peristiwa tersebut. Rangkaian kejadian ini harus memenuhi unsur sebab akibat dari terjadinya suatu fenomena atau peristiwa. Bagian ini akan menjelaskan secara detail dan rinci mengenai proses kejadian yang berdasarkan fakta. Biasanya penggambaran kejadian ini akan menerangkan jawaban atas “bagaimana” dan “mengapa” peristiwa atau fenomena itu bisa terjadi.

3. Ulasan atau interpretasi

Setelah mengetahui unsur sebab akibat terjadinya peristiwa itu, selanjutnya akan ada ulasan, penilaian, atau komentar dari kesimpulan peristiwa tersebut. Artinya, setelah menjelaskan secara rinci mengenai suatu fenomena, pastinya akan ada kesimpulan atau konsekuensi atas fenomena kejadian tersebut.

Ciri – Ciri Teks Eksplanasi

Jenis Jenis Pantun

Teks eksplanasi tentu berbeda dengan jenis teks lainnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teks eksplanasi, kamu harus mengetahui lebih dalam mengenai ciri-ciri teks eksplanasi. Secara umum, teks eksplanasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Faktual

Teks eksplanasi harus memuat informasi yang faktual. Artinya, teks eksplanasi harus ditulis, digambarkan, dan dijelaskan secara nyata dan benar apa adanya sesuai dengan kejadian. Teks eksplanasi tidak boleh berisi unsur hoaks atau bohong.

2. Bersifat keilmuan

Teks eksplanasi harus berisi informasi yang bersifat keilmuan. Artinya, isi teks eksplanasi harus memuat ilmu pengetahuan yang bisa menambah wawasan pembaca. Misalnya, teks eksplanasi yang memuat fenomena alam seperti gempa bumi yang sudah pasti berkaitan dengan ilmu geografi.

3. Informatif

Seperti yang diketahui bahwa teks eksplanasi adalah teks yang mengandung informasi yang bisa menambah wawasan pembaca. Oleh karena itu, teks eksplanasi harus memuat informasi-informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Oleh sebab itu, teks eksplanasi harus ditulis secara faktual agar pembaca bisa mendapatkan pengetahuan yang berdasarkan fakta.

4. Membahas hal – hal yang bersifat umum

Teks eksplanasi biasanya berisi fenomena atau peristiwa umum yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari, seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, longsor, demo, dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Cerpen

Setelah mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi, kamu juga harus mengetahui jenis-jenisnya. Secara umum, teks eksplanasi terbagi atas 4 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Teks Eksplanasi Sequential

Teks eksplanasi jenis ini biasanya menjelaskan secara rinci dan urut tentang tahapan-tahapan suatu fenomena, seperti urutan daur hidup rantai makanan.

2. Teks Eksplanasi Faktorial

Teks eksplanasi jenis ini menggambarkan atau mendeskripsikan secara detail tentang suatu fenomena, misalnya dampak penjajahan.

3. Teks Eksplanasi Teoritis

teks eksplanasi jenis ini biasanya menggambarkan secara umum mengenai potensi dibalik suatu fenomena alam. Misalnya, gempa bumi yang dahsyat dapat memicu bencana alam lain, seperti longsor hingga tsunami.

4. Teks Eksplanasi Kausal

Teks eksplanasi ini menjelaskan tentang sebab dari suatu peristiwa yang berubah secara bertahap, misalnya proses longsor.

Cara Membuat Teks Eksplanasi

Cara Membuat Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui struktur dan jenis teks eksplanasi, selanjutnya kamu harus mengetahui cara membuat teks eksplanasi yang baik dan benar. Berikut hal yang harus kamu perhatikan saat akan membuat teks eksplanasi.

1. Menentukan subjek

Saat akan membuat teks eksplanasi kamu harus bisa menentukan subjek. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema. Tema adalah ide atau gagasan utama dalam menciptakan karya dalam teks deskriptif. Setelah menemukan tema dan topik dalam membuat teks eksplanasi, kamu pasti bisa mengembangkan tema tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi.

2. Membuat kerangka teks eksplanasi

Topik yang sudah kamu tentukan selanjutnya akan dikembangkan menjadi sebuah kerangka teks eksplanasi. Kamu harus bisa menentukan gambaran umum saat membuat teks eksplanasi. Dengan begitu, teks eksplanasi yang kamu buat akan bisa dikembangkan lebih detail dan rinci.

3. Mengembangkan struktur deskriptif

Bentuk kerangka teks eksplanasi yang telah kamu buat kemudian akan dikembangkan menjadi sebuah teks yang informatif. Dalam tahap ini akan terlihat unsur sebab akibat terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang lebih detail dan rinci. Proses ini akan mengembangkan sebuah fakta tentang suatu fenomena menjadi sebuah teks yang informatif.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Cerpen Motivasi

Untuk mempermudah pemahaman tentang teks eksplanasi, berikut akan dipaparkan contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam dan sosial.

1. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan bencana alam yang mengakibatkan getaran atau guncangan hebat pada bumi. Peristiwa ini biasa terjadi di lingkungan gunung berapi aktif atau pulau-pulau yang di kelilingi lautan luas.

Sebab Akibat

Gempa bumi terjadi karena pergeseran lempeng bumi atau gerakan lapisan dasar bumi dan juga letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Akibatnya, geseran itu menyebabkan permukaan bumi bergoyang atau gempa.

Apabila tidak diatasi dengan segera dan tidak ada himbauan, gempa bumi akan mengakibatkan korban jiwa dan merusak bangunan. Gempa bumi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Teori Tektonik Plate menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan buatan. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak dan mengalami pergeseran atau pergerakan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. Itulah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik.

Interpretasi

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Meski begitu, gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan Pasifik. Daerah yang dikenal dengan lingkaran api karena terdapat banyak gunung berapi.

2. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan peristiwa alam di mana aliran air berlebih memenuhi daratan yang dapat menghanyutkan benda di sekitarnya, hingga menenggelamkan rumah. Umumnya, banjir terjadi secara mendadak dan alirannya berlangsung sangat deras.

Sebab Akibat

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir terjadi di suatu wilayah. Penyebab utama banjir adalah curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan sungai tidak mampu menampung kapasitas air yang berlebih. Selain curah hujan, banyaknya sampah yang menumpuk akibat buang sampah sembarangan juga menyebabkan aliran air terhambat, dan air meluap ke daratan.

Penyebab lainnya bisa muncul karena adanya pengecoran jalan tanpa dibuatkan saluran air, sehingga tanah yang dicor tidak dapat menyerap air hujan. Akibatnya, air akan menggenang dan menyebabkan banjir.

Interpretasi

Oleh karenanya, pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar kali dan sungai. Untuk mencegah banjir bisa diwujudkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, bukan membuangnya ke sungai.

3. Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran di Pedesaan

Pernyataan Umum

Sekarang mental kerja keras di pedesaan Indonesia semakin menurun dengan meningkatnya kemudahan mengakses informasi. Banyak pemuda-pemudi desa yang membenarkan jika mereka tidak bekerja sama sekali.

Sebab Akibat

Derasnya arus informasi membuat semua orang semakin mudah dalam memberikan pengaruh parasocial. Salah satu sisi negatif dari informasi parasocial adalah tidak relevannya konten dengan kehidupan nyata.

Hal tersebut dapat dilihat secara langsung pada mental kerja masyarakat pedesaan yang mulai terpengaruh. Hasrat untuk bekerja keras semakin menurun dan lebih memilih kerja dengan duduk santai mencari pemasukan tidak pasti.

Akibatnya perekonomian di desa yang seharusnya sudah bisa merata, malah jadi semakin timpang. Apalagi dengan pemikiran pemuda desa yang semakin enggan untuk melakukan pekerjaan berat.

Interpretasi

Sebenarnya tidak semua orang harus menjadi bos untuk bisa memperoleh pendapatan yang layak. Bekerja sebagai seorang petani juga tidak terlalu buruk untuk dilakukan karena masih bisa menghasilkan uang.

Sementara memilih untuk menganggur karena alasan gengsi merupakan sebuah keputusan paling buruk untuk diambil. Sadarilah bahwa kehidupan di media sosial tidak selalu nyata dan realitas kehidupan harus dipertahankan.

4. Contoh teks eksplanasi kriminalitas

Pernyataan Umum

Kriminalitas adalah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Orang yang melakukan tindakan ini disebut sebagai kriminal. Kejadian yang terjadi dalam kriminalitas sangat beragam, mulai dari pencurian, penculikan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

Sebab Akibat

Alasan dibalik terjadinya beberapa tindak kejahatan di atas umumnya karena masalah uang atau ekonomi. Akibat kesulitan mendapatkan pekerjaan, ataupun desakan kebutuhan yang mendadak dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal tersebut. Terlebih, fakta bahwa negara kita memiliki peluang kerja yang kecil, tidak heran jika angka kriminalitas di Indonesia cukup tinggi.

Interpretasi

Untuk membentengi diri dari perilaku negatif tersebut, kita dapat mencegahnya dengan penanaman ilmu agama sejak dini. Dengan begitu, anak-anak akan paham jika tindakan tersebut bisa merugikan orang lain dan juga sebuah dosa yang harus dihindari. Segala hal yang tidak sesuai dengan agama, biasanya juga tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

5. Contoh Teks Eksplanasi Pengawetan Mumi

Pernyataan Umum

Praktik pengawetan jasad makhluk hidup sebagai mumi tersebar di berbagai peradaban, di antaranya yaitu Inca, Aborigin Australia, Aztec, Afrika, Eropa kuno, dan lain-lain. Di Mesir kuno, mumifikasi atau proses memumikan makhluk hidup pada dasarnya yaitu pengawetan jaringan kulit.

Sebab Akibat

Proses mumifikasi bagi bangsawan dan orang kaya umumnya terdiri dari pembasuhan badan, memisahkan semua organ kecuali jantung dan menyimpannya di toples. Kemudian tubuh dan organ dalam dikemas dalam garam untuk menghilangkan kelembapan.. Tubuh lalu dibalsem dengan resin dan minyak esensial seperti mur, cassia, minyak juniper, dan minyak cedar sebelum dilapis kain linen.

Mumifikasi dilakukan orang Mesir kuno dari semua kalangan, tetapi orang dari kalangan ekonomi rendah melakukannya dengan langkah lebih sederhana. Beberapa jasad diisi dengan minyak juniper saja sebelum dimakamkan.

Interpretasi

Sementara itu, bangsawan seperti Firaun Mesir ditempatkan di peti mati batu berornamen atau sarkofagus. Para firaun dimakamkan sebagai mumi dengan makam yang mirip kamar, lengkap dengan kendaraan, makanan, parfum, barang-barang kesukaan, barang-barang rumah tangga, hewan peliharaan, dan pelayan.

6. Contoh Teks Eksplanasi Perang Saudara

Pernyataan Umum

Frederic Douglass terkenal sebagai orang Afrika-Amerika yang mendukung agar orang Afrika-Amerika ikut berperang di Perang Saudara. Menurutnya, sebagai prajurit, orang nonkaukasia bisa mendapat kehormatan, kecakapan bela diri, dan hak untuk menjadi warga negara Amerika Serikat.

Sebab Akibat

Dengan pengaruhnya sebagai reformer sosial, orator, penulis, dan abolitionist, Douglass merekrut orang-orang dari rasnya untuk menjadi relawan prajurit Union. Ia mendorong sesama mantan budak Afrika-Amerika untuk “meraih martabat diri sebagai manusia dan menunjukkan bahwa kita layak merdeka.”

Interpretasi

Sejak awal Perang Saudara pada 1861, Douglass meminta pada Abraham Lincoln dan petinggi lainnya agar orang Afrika-Amerika diperbolehkan ikut perang. Karena usaha Douglass, Lincoln pada 1863 menandatangani Proklamasi Emansipasi, yang berisi pembebasan budak dan rekrutmen orang Afrika-Amerika sebagai prajurit Union bersenjata.

7. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Panda

Pernyataan Umum

Panda merupakan salah satu binatang yang dilindungi di negeri Cina. Hampir 98 persen makanan sehari-hari Panda adalah bambu. Bambu menjadi makanan pokok Panda.

Sebab Akibat

Alasan Panda memilih bambu sebagai makanan pokoknya adalah karena bambu tersebar luas di alam liar, mudah diperoleh, dan mengandung lebih banyak pati daripada tumbuhan berkayu lainnya. Panda memperoleh energi dari pati, hemiselulosa, dan pektin dalam bambu.

Dari evolusi selama 2 juta tahun, Panda juga kehilangan gen T1R1. Karena itu, ia tidak berselera makan daging dan gemar makan bambu. Di samping itu, Panda raksasa juga mengonsumsi sedikit energi setiap hari. Karena itu, bobotnya yang relatif berat tidak menurun kendati hanya makan bambu.

Interpretasi

Karena Panda merupakan salah satu hewan yang dilindungi, kita juga harus melestarikan keberadaan Panda agar tetap eksis di masa yang akan datang.

8. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bintang Laut

Bintang laut merupakan salah satu binatang yang tidak mempunyai otak, tetapi tidak bodoh. Mereka tidak gampang dikelabui karena mempunyai sistem saraf yang sangat kompleks yang memungkinkan binatang satu ini membuat keputusan dengan tepat.

Sistem saraf bintang laut terdapat pada cincin di sekitar mulutnya. Saraf bintang laut mengambil informasi terbatas di sekitar badannya, dibantu dengan penciuman dan mata.

Struktur mata bintang laut menyaring benda kecil yang bergerak, sambil mengoptimalkan kontras antara benda besar diam (batu karang) dan air di sekitarnya. Dengan begitu, bintang laut bisa bergerak, makan, dan menghindari bahaya.

Sumber: Biologi Sensorik Bintang Laut dengan Penekanan pada Penemuan Terbaru dalam Ekologi Visual Mereka oleh Anders Germ.

9. Contoh Teks Eksplanasi Tubuh Manusia

Saat meninggal, tubuh mulai jadi pucat (pallor mortis). Sebab, darah berhenti bergerak lewat pembuluh darah kapiler. Suhu tubuh orang meninggal juga menurun sekitar 0,84 °C per jam.

Sel-sel darah yang tersisa di kapiler dan pembuluh darah kecil memicu perubahan warna pada permukaan kulit. Beberapa di antaranya terlihat seperti rona biru keunguan, ada juga yang bintik-bintik kemerahan.

Proses perubahan warna tubuh terjadi sekitar satu jam setelah manusia meninggal. Perubahan warna biasanya butuh waktu beberapa jam lebih lama untuk tampak di kulit, terutama para orang dengan kulit gelap.

10. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Pernyataan Umum

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Sebab Akibat

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, sering kali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar Matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat.

Interpretasi

Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.

11. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Petir

Pernyataan Umum

Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Sebab Akibat

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.

Interpretasi

Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

12. Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

Sebab Akibat

Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh, di antaranya erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.

Interpretasi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tanah longsor, seperti tidak membuat kolam atau sawah di atas lereng, tidak mendirikan rumah di bawah tebing, jangan menebang pohon di sekitar lereng, jangan memotong tebing secara tegak lurus, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar Sungai.

13. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Es

Pernyataan Umum

Gempa es disebabkan oleh gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di antartika.

Sebab Akibat

 Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang surut. Gaya gravitasi menyebabkan aliran ES Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es pecah dengan lebar sekitar 482 km ke arah Laut Ross.

Interpretasi

Gelombang dan pasang mendorong lempeng es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti. Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada skala Richter.

14. Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam

Pernyataan Umum

Hujan asam adalah peristiwa turunnya zat asam dari atmosfer ke bumi akibat pencemaran udara yang tinggi. Hujan asam bisa turun ke bumi dalam bentuk butiran salju, kabut, atau serpihan kering.

Sebab Akibat

Hujan asam terjadi karena adanya pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan pembangkit tenaga listrik, atau pabrik-pabrik. Ketika pembakaran bahan bakar fosil terjadi, senyawa sulfur dioksida dan nitrogen dioksida terlepas ke atmosfer. Gas kimia ini bereaksi dengan air, oksigen, dan senyawa membentuk larutan asam sulfat dan nitrat. Saat hujan asam turun ke bumi, larutan asam mengalir ke perairan dan masuk ke dalam tanah.

Hujan asam membuat air mengandung asam dan menyerap senyawa aluminium yang ada di antara air dan tanah. Air yang tercemar zat asam menjadi tidak sehat untuk hewan-hewan yang ada di lingkungan air. Selain hewan, hujan asam juga dapat merusak kehidupan tanaman, terutama yang ada di dataran tinggi. Senyawa dalam hujan asam yang masuk ke tanah dan mengambil nutrisi yang dibutuhkan tanaman dari dalam tanah sehingga tanaman mati.

Interpretasi

Hujan asam dapat dicegah dengan cara membatasi polusi yang menyebabkan hujan asam ini. Kita harus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar yang ramah lingkungan. Di rumah, kita juga dapat membantu mencegah hujan asam dengan hemat energi dalam pemakaian listrik.

15. Contoh Teks Eksplanasi Efek Rumah Kaca

Pernyataan Umum

Efek rumah kaca merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bumi memiliki efek seperti rumah kaca, yaitu panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi. Gas-gas di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2) dapat menahan panas matahari sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi. Normalnya, pada siang hari matahari menyinari bumi sehingga permukaan bumi menjadi hangat, dan pada malam hari permukaan bumi mendingin.

Sebab Akibat

Akan tetapi, akibat adanya efek rumah kaca, sebagian panas yang harusnya dipantulkan permukaan bumi diperangkap oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer. Inilah mengapa bumi menjadi semakin hangat dari tahun ke tahun. Gas-gas yang ada di dalam efek rumah kaca antara lain uap air (H2O) dengan tingkat polusi 36-70%, karbondioksida (CO2), 9-26%, metana (CH4), 4-9%, ozon (O3), 3-7%, nitrous oxide (N2O), serta klorofluorokarbon (CFC) atau freon dan hidroklorofluorokarbon (HCFC) . Sebenarnya, gas-gas tersebut juga diperlukan agar bumi tidak terlalu dingin, Namun, sejak revolusi industri, gas-gas seperti karbon dioksida, metana, dan gas berbahaya lainnya menjadi semakin bertambah di atmosfer sehingga konsentrasinya semakin meningkat akibat ulah manusia. Efek rumah kaca disebabkan antara lain (1) penebangan dan pembakaran hutan secara liar yang meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, (2) pencemaran laut yang banyak membuat musnah ekosistem di dalamnya sehingga laut tidak dapat menyerap karbon dioksida lagi, (3) industri pertanian; pertanian dalam skala besar (industri) menggunakan pupuk yang sangat banyak yang akan melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfer yang merupakan gas rumah kaca, (4) limbah industri dan tambang industri seperti pabrik semen, pabrik pupuk, dan penambangan batu bara yang menghasilkan gas karbondioksida, (5) limbah rumah tangga yang menghasilkan gas metana dan karbon dioksida yang dihasilkan dari bakteri-bakteri pengurai sampah. Efek rumah kaca memiliki akibat yang sangat buruk bagi kehidupan manusia.

Interpretasi

Jika efek rumah kaca dibiarkan, maka bumi akan menjadi semakin panas. Memanasnya bumi dapat mencairkan es yang ada di kutub utara maupun selatan. Jika es di kutub mencair, maka permukaan air laut akan semakin tinggi yang tentu akan berdampak buruk pada seluruh wilayah di dunia. Selain itu, efek rumah kaca juga akan mengakibatkan berkurangnya lapisan ozon sehingga sinar ultraviolet matahari dapat tembus ke permukaan bumi yang dapat mematikan makhluk hidup di dalamnya. Manusia harus menjaga lingkungan agar bumi tetap bersih sehingga kehidupan dapat terus berlangsung dan terhindar dari bencana.

16. Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum

Hutan adalah merupakan wilayah yang luas dan ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan sehingga memiliki daya serap karbon dioksida yang tinggi. Hutan juga merupakan penghasil oksigen terbesar di bumi. Oksigen yang dihasilkan oleh hutan sangat bermanfaat bagi manusia dan hewan untuk bernafas. Itulah sebabnya hutan mendapat julukan sebagai paru-paru dunia. Luas hutan dunia semakin hari semakin berkurang.

Sebab Akibat

Salah satunya disebabkan oleh faktor manusia yang merusak hutan tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan. Kebutuhan manusia untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan membutuhkan biaya yang tinggi dalam persiapan lahan. Lalu, mereka kemudian mengambil jalan pintas dengan membakar hutan karena murah dari segi biaya dan efektif dari segi waktu. Banyak orang-orang melakukan penebangan liar dan membakar hutan untuk bercocok tanam. Setelah tanah tidak subur lagi, mereka akan berpindah tempat mencari lahan baru dengan membakar hutan kembali. Sangat banyak sekali dampak kebakaran hutan bagi manusia. Hutan yang terbakar akan sulit dipulihkan seperti semula. Hilangnya tumbuh-tumbuhan menyebabkan lahan terbuka, sehingga mudah erosi, dan tidak kuat menahan banjir.

Interpretasi

Pohon-pohon hutan hujan tropis membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk tumbuh kembali. Manusia harus saling bantu-membantu dalam menjaga kelestarian alam. Hutan yang diberikan sang Pencipta harus dijaga dan dimanfaatkan tanpa merusak hutan tersebut. Hutan yang terjaga kelestariannya akan berguna untuk kelangsungan hidup manusia.

Penutup

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang teks eksplanasi beserta contohnya. Dengan adanya penjelasan-penjelasan di atas, semoga kamu tidak kebingungan lagi dalam membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya. Beberapa contoh di atas juga dapat kamu jadikan referensi ketika ingin membuat teks eksplanasi. Semoga membantu ya.

Apa saja ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi?

Ada beberapa ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi, yaitu:
(1) Menggunakan kata yang bermakna denotatif.
(2) Menggunakan kalimat pasif.
(3) Menggunakan konjungsi kausalitas (sebab akibat).
(4) Menggunakan istilah ilmiah.
(5) Fokus pada hal umum.

Apa fungsi dari teks eksplanasi?

Teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sebab akibat tentang suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teks eksplanasi, kita akan mendapatkan informasi lebih detail dan rinci tentang suatu peristiwa atau fenomena.

Apa tujuan dari adanya teks eksplanasi?

Secara umum, teks eksplanasi memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:
(1) Memberikan informasi tentang suatu fenomena atau peristiwa.
(2) Meningkatkan pemahaman pembaca tentang suatu topik yang dijelaskan secara logis, jelas, sistematis, dan faktual.
(3) Menjawab pertanyaan mengenai suatu proses atau fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
(4) Mengedukasi para pembaca mengenai topik tertentu, seperti pendidikan, fenomena alam, budaya, sosial, dan lain sebagainya.


Contoh Puisi

  • Contoh Puisi Pendek
  • Contoh Puisi Alam
  • Contoh Puisi Guru
  • Contoh Puisi 4 Bait

Contoh Cerpen

  • Contoh Cerpen Singkat
  • Contoh Cerpen Motivasi
  • Contoh Cerpen Pendidikan

Contoh Pidato

  • Contoh Pidato Islami
  • Contoh Pidato Persuasif
  • Contoh Pidato Pendidikan
  • Contoh Pidato Perpisahan
  • Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD
  • Contoh Ceramah Sabar dan Ikhlas
  • Contoh Ceramah Singkat
  • Contoh MC Formal