20+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya, Lengkap!

Estimated read time 26 min read

Bagi Anda para pelajar pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teks laporan hasil observasi. Apalagi bagi Anda yang sudah memasuki bangku SMA pasti sudah mempelajari materi tersebut pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jika Anda diminta guru untuk membuat laporan hasil observasi, maka tentu saja Anda akan melakukan observasi terlebih dahulu terhadap suatu objek untuk dapat mengerjakannya.

Nah bagi Anda yang masih kesulitan untuk mengerjakan teks laporan hasil observasi. Berikut ini merupakan beberapa informasi singkat mengenai contoh teks laporan hasil observasi singkat yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Ringkasan

  • Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang berisi ringkasan atau deskripsi singkat tentang apa yang telah diamati atau ditemukan dalam sebuah observasi atau penelitian.
  • Struktur teks laporan hasil observasi berisi definisi umum, deskripsi singkat, serta deskripsi manfaat atau kesimpulan.
  • Teks laporan hasil observasi bersifat objektif dan fakta.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi singkat adalah jenis teks yang berisi ringkasan atau deskripsi singkat tentang apa yang telah diamati atau ditemukan dalam sebuah observasi atau penelitian. Teks ini biasanya berisi informasi mengenai fakta atau data yang telah diamati secara langsung oleh penulis atau peneliti.

Teks laporan hasil observasi bersifat objektif dan fakta. Hal ini berarti bahwa laporan observasi ditulis secara netral dan berdasarkan fakta yang teramati selama proses observasi. Sifat objektif dan fakta dalam laporan hasil observasi ini penting untuk menjaga keakuratan dan keandalan informasi yang disajikan kepada pembaca.

Dengan mengedepankan sifat objektif dan fakta dalam laporan hasil observasi, pembaca dapat mempercayai informasi yang disajikan dan mengambil kesimpulan atau tindakan berdasarkan data yang valid dan akurat.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi singkat umumnya memiliki struktur yang sederhana dan ringkas, mencakup informasi dasar yang relevan dengan objek atau situasi yang diamati. Struktur teks laporan hasil observasi singkat biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

1. Definisi Umum

Bagian ini berisi penjelasan singkat mengenai latar belakang atau konteks dari observasi yang dilakukan. Tujuan dari bagian ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang apa yang menjadi fokus observasi dan mengapa observasi itu dilakukan. Definisi umum ini membantu membuka teks laporan dan memberikan pemahaman awal kepada pembaca tentang apa yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam teks.

2. Deskripsi Observasi

Bagian ini berisi informasi rinci tentang apa yang telah diobservasi. Di sini, penulis memberikan ringkasan tentang objek atau situasi yang diobservasi, termasuk lokasi, waktu, dan mungkin metode yang digunakan dalam observasi. Penulis juga akan menyajikan hasil-hasil observasi, mencakup temuan utama atau data-data yang telah dikumpulkan selama proses observasi.

3. Deskripsi Manfaat / Kesimpulan

Bagian akhir dari teks laporan hasil observasi singkat ini berisi deskripsi manfaat dari objek yang telah diobservasi. Atau bisa juga berisi ringkasan singkat dari kesimpulan yang dapat diambil dari hasil observasi. Kesimpulan ini sebaiknya mencerminkan temuan penting dari observasi tanpa perlu memberikan analisis mendalam. Tujuan dari bagian ini adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang apa yang telah ditemukan dalam observasi tersebut.

Ingat, teks laporan hasil observasi singkat cenderung lebih ringkas dan tidak mendalam seperti laporan hasil penelitian yang lebih komprehensif. Struktur di atas membantu memastikan bahwa teks laporan tetap terorganisir dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta dengan strukturnya yang dapat Anda simak:

1. Pohon Pisang

Definisi Umum

Pohon pisang (musa paradisiaca) merupakan tumbuhan berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat pelepah daun. Tinggi pohom ini sanggup mencapai tiga meter.

Deskripsi Bagian

Tanaman ini sanggup tumbuh di tanah yang cukup baik pada kawasan yang ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Pisang merupakan sebutan dari nama buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan semua bagiannya sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna. Tumbuhan ini asli berasal dari Asia Tenggara.

Adapun bagian-bagian dari tumbuhan ini, yaitu bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.

Deskripsi Manfaat

Buah pisang kaya manfaat. Di samping sebagai sumber vitamin, mineral, karbohidrat bagi tubuh, pisang juga mempunyai manfaat lain, yaitu hampir di seluruh tumbuhan pisang sanggup dimanfaatkan.

Buahnya bisa dimakan langsung, tetapi juga sanggup dijadikan materi olahan menyerupai keripik, sale pisang, dan tepung pisang. Daun yang masih menggulung sanggup dijadikan obat, dan daunnya yang sudah renta sanggup untuk membungkus makanan.

Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu sanggup dijadikan obat diare, obat sentri, dan kanal kencing. Bunga yang berwarna ungu sanggup dijadikan sebagai olahan sayuran.

2. Buah Mangga

Definisi Umum

Buah mangga terkenal dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak serat. Tumbuhan yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat ini banyak ditemukan saat musim mangga berlangsung.

Mangga merupakan tumbuhan yang masuk pada marga mangifera. Tumbuhan ini memiliki 35-40 anggota dari suku anacardiacecae.

Deskripsi Bagian

Pohon mangga memiliki ketinggian 15-30 meter, bercabang kuat, serta kulit batang yang kasar dan tebal dengan banyak celah-celah kecil.

Daun mangga termasuk daun tunggal dengan panjang bervariasi antara 1,25-12,5 cm. Bunga mangga termasuk bunga majemuk dan memiliki panjang hingga 40 cm.

Kandungan nutrisi dalam buah mangga terdiri dari serat, karbohidrat, protein, vitamin A, C, dan E, folat, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Deskripsi Manfaat

Manfaat tumbuhan mangga selain buahnya dapat dimakan dan diolah menjadi berbagai produk camilan dan minuman, bagian buah lain seperti biji, batang, dan daun juga memiliki kegunaan.

Biji mangga bermanfaat untuk pakan ternak, batangnya yang keras dan kuat bisa digunakan untuk kayu bakar, serta daun bisa menjadi obat pada gejala hiperglisemia.

3. Buah Jeruk

Definisi Umum

Jeruk merupakan buah yang termasuk ke dalam spesies citrus. Buah jeruk sendiri berasal dari daerah Cina Selatan, India, dan Myanmar. Saat ini, tumbuhan jeruk merupakan tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan.

Brazil merupakan produsen terbesar dari buah jeruk diikuti oleh Cina dan India. Konsumsi jeruk yang tinggi di berbagai belahan dunia juga mendorong terhadap produksinya yang semakin naik dari tahun ke tahun.

Deskripsi Bagian

Jeruk sendiri memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Ada buah jeruk yang memiliki segmen yang bisa dipisahkan, namun ada juga yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun awalnya berasal dari negara-negara Asia, pada perkembangannya sekarang, jeruk sudah dibudidayakan di seluruh penjuru dunia karena permintaannya yang sangat tinggi.

Deskripsi Manfaat

Sebagian besar jenis dari spesies jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan gusi serta mempertahankan daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Selain manfaat kesehatan, jeruk juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan yang enak dan minuman yang menyegarkan. Jadi tidak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai bahan  dalam pembuatan berbagai makanan dan minuman.

4. Lidah Buaya

Definisi Umum

Lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Deskripsi Bagian

Lidah buaya ciri-cirinya, biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau biasa di tanam di dalam pot atau di pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Daunnya agak runcing berupa taji, tebal, dan pinggirnya bergerigi/berduri kecil. Kemudian permukaan pada daun berbintik-bintik, panjangnya mencapai 15-36 cm, dan lebar 2-6 cm, bunganya bertangkai yang panjangnya mencapai 60-90 cm serta berwarna kuning kemerahan (jingga).

Deskripsi Manfaat

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk manusia, di antaranya digunakan untuk perawatan rambut, perawatan kulit, mengobati luka bakar ringan, dan masih banyak lagi. Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang sudah dikenal khasiatnya sejak berabad-abad lalu.

Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera, menghasilkan dua bahan, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat-obatan.

Manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah sebagai pengobatan berbagai masalah kulit, seperti luka bakar, terbakar matahari, frostbite, iritasi dan gatal pada kulit, serta psoriasis. Beberapa orang juga menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka.

5. Kaktus

Definisi Umum

Kaktus adalah salah satu anggota famili Cactaceae yang sangat khas karena dapat hidup lama tanpa air. Habitat kaktus ada di daerah gurun, padang rumput kering, atau wilayah yang panas. Untuk membedakan kaktus dengan tanaman lainnya, ciri yang bisa dilihat adalah daun kaktus yang berbentuk duri, batang yang dilapisi lilin, serta akar yang panjang untuk membantu mencari air pada kondisi kering.

Deskripsi Bagian

Kaktus termasuk tumbuhan yang cukup unik dari golongan sukulen. Kaktus bisa menyimpan banyak air pada bagian batang, sehingga dalam kondisi sangat kering tetap hidup. Pada malam hari, kaktus akan membuka stomata serta mengambil karbondioksida untuk disimpan di vakuola.

Deskripsi Manfaat

Kaktus memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai hiasan di rumah. Terdapat banyak jenis tanaman kaktus yang kemudian dijadikan hiasan rumah dan diletakkan dalam pot. Perawatan kaktus yang mudah namun tidak kalah bagus dengan tanaman hias lainnya menjadikan kaktus semakin diminati.

6. Sapi

Definisi Umum

Sapi adalah satu di antara hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan satu di antara hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu, sapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

Deskripsi Bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam serta terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya, yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit.

Sapi potong/pedaging meliputi sapi bali, sapi madura, sapi sumba ongole, dan masih banyak yang lainnya.

Deskripsi Manfaat

Sapi memiliki banyak manfaat, mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

7. Kucing

Definisi Umum

Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer dari kelas mamalia. Berdasarkan makannya, kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging. Ciri karnivora  terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring.

Kucing dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan asalnya dikenal adanya kucing kampung (Indonesia), kucing anggora, kucing persia, dan kucing hutan. Kucing  berdasarkan garis keturunan ada dua kelompok, yaitu kucing galur murni dan keturunan campuran. Tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx.

Deskripsi Bagian

Kucing memiliki mata yang cukup unik.Mata/penglihatan yang tajam berfungsi untuk mencari mangsa pada malam hari. Kucing juga dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Hal ini karena kucing memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit jika terkena cahaya yang amat terang. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan.

Ciri fisik kucing yang lain adalah memiliki kumis. Kucing memiliki misai yang berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan di ruang yang gelap maupun di tengah kegelapan malam. Selain kumis, ciri khusus lain terdapat pada kaki dan telinga kucing. Kucing memiliki bantalan halus di telapak kakinya. Bantalan ini berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan sehingga musuh/mangsanya tidak mendengar dan mengetahui kedatangan kucing.

Deskripsi Manfaat

Seperti halnya hewan yang telah mengalami penjinakan, kucing hidup dalam hubungan mutualistik dengan manusia. Karena keuntungan yang  diperoleh dari adanya kucing, manusia membiarkan kucing liar berkeliaran di pemukiman. Kucing banyak dimanfaatkan manusia untuk menangkap tikus-tikus.

8. Gajah

Definisi Umum

Gajah  merupakan mamalia sekaligus hewan darat terbesar di dunia yang masih hidup dan lestari hingga kini. Spesies gajah Asia dan gajah Afrika mulai terpecah kira-kira dua juta tahun dahulu. Penyebaran gajah di Asia sangat banyak. Gajah termasuk dalam kategori hewan Herbivora. Sebagai anggota dari kelas mamalia, gajah berkembangbiak dengan cara melahirkan. Gajah hidup di dalam urutan sosial yang terstruktur. Meskipun berbadan besar, gajah memiliki banyak keunikan.

Deskripsi Bagian

Sepanjang 55 juta tahun terdapat 500 spesies gajah yang dikenal dan hanya dua spesies yang masih ada yaitu Gajah Asia elephas maximus dan Gajah Afrika loxodonta africana. Gajah Asia berbeda dengan gajah Afrika. Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil sedikit daripada gajah Afrika, mempunyai dahi yang rata, dan dua bonggol di kepalanya merupakan puncak tertinggi gajah, dibandingkan dengan gajah Afrika yang mempunyai hanya satu bonggol di atas kepala. Selain itu, ujung belalai gajah Asia hanya mempunyai 1 bibir, sementara gajah Afrika mempunyai 2 bibir di ujung belalai. Kedua jenis kelamin gajah Afrika mempunyai gading sementara hanya gajah Asia jantan yang mempunyai gading yang jelas terlihat.

Deskripsi Manfaat

Meskipun berbadan besar, gajah adalah hewan perenang yang handal. Mereka dapat berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km. Gading gajah yang besar merupakan sepasang gigi seri pada bagian depan rahang atas, yang terus tumbuh selama gajah hidup meskipun tidak tumbuh terlalu panjang. Tengkorak gajah yang besar dan kuat, berisi otak yang sangat cerdas. Oleh karena itu, gajah mempunyai ingatan yang sangat baik dan jarang melupakan perintah – perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat 25 perintah atau aba – aba dan mampu membuat alat untuk digunakan sendiri, sebagai contoh, gajah akan mematahkan tonggak kayu untuk menggaruk punggungnya.

9. Sampah

Definisi Umum

Sampah merupakan sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi. Berdasarkan jenisnya, sampah dibagi menjadi sampah organik yang bisa terurai dan sampah anorganik yang sulit terurai. Sampah yang tidak bisa terurai atau sampah anorganik merupakan masalah bagi lingkungan. Hal tersebut karena sampah ini sulit terurai oleh pengurai sehingga bertahan bisa bertahun-tahun, bahkan hingga ribuan tahun.

Deskripsi Bagian

Jika sampah anorganik ini tidak dikelola dengan baik, maka bisa menimbulkan sejumlah dampak buruk. Salah satunya adalah dampak buruk bagi lingkungan. Apalagi rata-rata masyarakat memiliki kebiasaan membuang sampah di selokan ataupun di sungai.

Padahal, sampah-sampah tersebut dapat menyebabkan pencemaran pada ekosistem sungai. Makhluk seperti ikan yang hidup di dalam air menjadi korbannya.  Kualitas air yang buruk tidak hanya mengurangi makanan ikan tetapi juga bisa berujung pada kematian dan kepunahan. Penumpukan sampah di aliran air juga bisa memicu bencana alam seperti banjir.

Kesimpulan

Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang sulit terurai. Contohnya adalah bungkus plastik, botol minuman, kaca, kertas, serta logam. Jika tidak dikelola dengan baik, sampah anorganik ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

10. Hutan Bakau

Definisi Umum

Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.

Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove dan  merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut.

Deskripsi Bagian

Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala.

11. Hutan

Definisi Umum

Hutan sebagai paru-paru dunia memegang peranan penting bagi keseimbangan ekosistem, termasuk flora dan fauna di dalamnya. Dari 193 negara yang memiliki hutan, Indonesia menduduki peringkat ke-9 dengan hutan seluas 888.950 meter persegi.

Deskripsi Bagian

Setiap tahun, luas hutan di dunia mengalami penurunan karena berbagai faktor, baik yang diakibatkan manusia ataupun yang disebabkan oleh alam. Contoh penyebab berkurangnya luas hutan karena manusia adalah penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan secara sengaja, alih fungsi lahan hutan, dan sebagainya. Penyebab menurunnya luas hutan karena alam adalah kebakaran hutan akibat cuaca panas.

Deskripsi Manfaat

Fungsi hutan dalam menyeimbangkan ekosistem sangat penting. Tanpa adanya hutan, produksi oksigen dapat mengalami penurunan. Pemanasan global juga bisa dipicu oleh jumlah lahan hutan yang semakin berkurang.

Kesimpulan

Oleh karena itu, penyebab menurunnya luas hutan perlu ditekan agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu.

12. Pantai

Definisi Umum

Pantai diartikan sebagai  batasan antara daratan dengan lautan. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200 m (garis isobath 200 m). Jadi, sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu Pantai Landai, Pantai Curam, Pantai Bertebing, dan Pantai Karang.

Deskripsi Bagian

Pantai Landai memiliki ciri permukaan yang relatif datar. Termasuk pantai jenis ini adalah Pantai Mangrove, Pantai Bukit Pasir, Pantai Delta, dan Pantai Estuari. Pantai Curam biasanya identik dengan tekstur topografi bergunung-gunung yang disebabkan karena retakan memanjang yang sejajar dengan pantai dan terkikis ombak besar sehingga terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam. Sementara Pantai Bertebing (flaise) adalah pantai yang curam di muka tebing karena adanya pegunungan melintang tegak lurus terhadap pantai. Di pantai ini sering dijumpai laut yang dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi atau erosi. Terakhir, ada Pantai Karang terjadi jika di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang, biasanya dijadikan objek wisata laut. Misalnya, Taman Bunaken di Manado.

Deskripsi Manfaat

Pantai  merupakan tempat wisata yang populer dan pantas untuk dinikmati bersama keluarga. Pantai juga memiliki ekosistem yang kaya akan komponen biotik dan komponen abiotik. Tidak hanya itu, masih banyak komponen lainnya yang ada di pantai, dapat kita manfaatkan untuk kehidupan, seperti  pasir yang dicampur dengan air laut diolah menjadi garam dan manfaat lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah manfaat pasir buat kesehatan manusia.

Kesimpulan

Pantai terdiri  atas beberapa jenis. Komponen biotik dan abiotik pantai mengandung banyak manfaat. Selain indah, pantai memiliki manfaat bagi kesehatan, dan nutrisi.

13. Pendidikan

Definisi Umum

Teknologi dalam bidang pendidikan berperan penting dalam membantu pengajar mencapai tujuan pembelajaran. Dari tahun ke tahun, penyampaian materi di kelas telah mengalami banyak perubahan. Tidak ada lagi papan tulis dan kapur karena sudah diganti spidol. Ada pula yang sudah menerapkan teknologi menggunakan LCD.

Deskripsi Bagian

Teknologi di bidang pendidikan bisa dikembangkan oleh siswa, guru, atau pihak lain yang memiliki kompetensi. Guru dapat mengembangkan aplikasi atau membuat animasi pembelajaran sederhana untuk menjelaskan materi-materi rumit. Jika masalah yang dialami adalah keterbatasan tempat untuk belajar, solusi yang paling memungkinkan adalah menyelenggarakan pendidikan jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung. Di masa pandemi, kreativitas guru semakin diasah agar tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Deskripsi Manfaat

Adanya teknologi dalam bidang pendidikan turut memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Contohnya aplikasi untuk video call dan berinteraksi langsung dengan para siswa. Tanpa harus datang ke sekolah, guru bisa menyampaikan materi, bahkan memberikan animasi atau gambar pendukung secara virtual. Penugasan yang dilakukan secara online melalui formulir digital pun sebenarnya memberikan keuntungan karena bisa menghemat penggunaan kertas.

14. Makhluk di Bumi Ini

Definisi Umum

Benda di dunia dapat dikelompokkan atas dasar kenyataan bahwa benda-benda tersebut memiliki persamaan dan perbedaan dalam beberapa hal. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Deskripsi Bagian

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh-contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh-contoh benda mati. Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh- tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.

Deskripsi Manfaat

Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh- tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak. Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok   vertebrata, yaitu mamalia burung, amfibia, reptilia dan ikan.

15. Hiu Paus (Whale Shark)

Definisi Umum

Hiu Paus atau Whale shark (Rhincodon typus) merupakan ikan hiu terbesar dan ikan terbesar di dunia. Hiu ini disebut hiu paus karena ukuran tubuhnya yang sangat besar dan bentuk kepalanya tumpul mirip paus. Namun ikan ini tidak dikelompokkan dalam jenis paus. Panjangnya bisa mencapai 14 meter dengan berat 15 ton. Ukuran rata-ratanya sekitar 7.6 m.

Deskripsi Bagian

Hiu paus memiliki mulut besar yang lebarnya bisa sampai 1,4 meter. Mulutnya berada di ujung moncongnya, bukan pada bagian bawah kepala seperti ikan hiu pada umumnya. Ia memiliki kepala, lebar datar, moncong bulat, mata kecil, 5 celah insang yang sangat besar, 2 sirip punggung, dan 2 sirip dada (di sisi-sisinya). Hiu paus memiliki 3.000 gigi yang sangat kecil tetapi jarang digunakan. Hiu paus merupakan penyaring makanan (filter feeder) menggunakan insangnya yang besar. Hiu paus memiliki warna tubuh dengan corak khas yaitu berbintik dan bergaris kuning muda dengan pola acak pada kulitnya yang berwarna abu-abu tua. Kulitnya sangat tebal mencapai 10 cm. Ekornya memiliki sirip bagian atas jauh lebih besar daripada sirip sirip bagian bawah. Meskipun ikan ini namanya hiu paus, namun ikan ini tidak menakutkan karena makanan utamanya adalah plankton. Ikan ini makan dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Disebut pula dengan nama hiu tutul merujuk pada pola warna di punggungnya yang bertotol-totol, serupa bintang di langit.

Deskripsi Manfaat

Ikan ini dapat hidup di dekat pantai maupun di lepas pantai. Namun, menghabiskan lebih banyak hidupnya di dekat permukaan air. Hal tersebut berkaitan erat dengan makanannya yaitu plankton dan biota kecil lainnya yang berada di permukaan. Hiu Paus merupakan hewan yang soliter, sehingga sangat jarang ditemukan dalam kumpulan yang besar. Hiu paus mempunyai persebaran yang luas dan hidup di perairan panas di lintang ±30-40 derajat (daerah Equator. Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih menjadi salah satu habitat hiu paus di dunia. Lebih 50 ekor hiu paus dapat dijumpai di lautan Kwatisore.

16. Kelinci

Definisi Umum

Kelinci merupakan salah satu termasuk hewan mamalia dari keluarga leporidae. Hewan kelinci ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai daerah di muka bumi. Dahulu kelinci sendiri merupakan hewan yang sangat liar yang hidupnya di Afrika sampai kebagian Eropa.

Deskripsi Bagian

Sampai saat ini, secara umum kelinci sendiri dibagi menjadi dua yakni kelinci liar atau bebas, serta kelinci peliharaan. Jika melihat dari fisik terutama pada bulunya, kelinci bisa dibedakan menjadi 2 jenis yakni kelinci yang berbulu panjang dan kelinci yang berbulu pendek. Sedangkan, menurut ordonya, kelinci diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yakni lyon, anggora, american, english, himalayan, serta dutch. Adapun, makanan untuk kelinci identik memakan sayuran wortel.

Deskripsi Manfaat

Namun setelah dilakukan observasi, faktanya kelinci juga dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, biji-bijian, umbi-umbian serta ampas tahu. Setelah diteliti juga, daging kelinci sendiri bisa digunakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit asma

17. Pembelajaran pada Masa Covid-19

Definisi Umum

Saat ini dunia pendidikan tengah menghadapi masalah yang cukup sulit, di antaranya kurikulum 2013 belum dipahami sepenuhnya. Tambahan lagi, konsep Menteri Pendidikan yang baru, Nadiem Makarim, tentang Indonesia merdeka belajar. Kemudian, muncul lagi kurikulum penyederhanaan dalam kondisi darurat. Hal ini juga membuat para guru makin gamang tentang pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik. Permasalahan – permasalahan tersebut merupakan tantangan bagi para guru untuk meningkatkan mutupendidikan di Indonesia. Kini, tantangan para guru bertambah lagi dengan wabah COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) yang tak kunjung usai. COVID-19 merupakan bencana nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran virusnya sangat cepat dan menyebabkan kematian. Pemerintah berusaha menghambat penyebaran COVID-19 ini dengan mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing serta bekerja/ belajar/ beribadah dari rumah.

Deskripsi Bagian

Situasi ini merupakan hal baru bagi masyarakat, terutama para guru, orang tua, dan peserta didik. Di sini para guru dituntut untuk tetap dapat memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan melalui online. Padahal, para guru tersebut terbagi atas tiga golongan, yaitu golongan guru literat IT, golongan guru aliterat IT, dan golongan guru Illiterate IT. Pertama, guru literat IT adalah guru yang mampu mengetahui berbagai bentuk media dan etika dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Kemampuan memahami teknologi untuk mencetak, mempresentasikan, dan mengakses internet. Guru-guru ini tentunya sudah terbiasa dalam membelajarkan peserta didiknya dengan menggunakan media internet. Pembelajaran secara online bagi mereka bukan hal yang luar biasa. Kedua, guru aliterat IT adalah guru yang tahu IT dan paham IT, tetapi jarang atau tidak memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran kepada peserta didik. Guru-guru ini hanya terpaku dalam pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan internet pun hampir jarang dilakukan. Ketiga, guru iliterat IT adalah guru yang buta IT. Guru tersebut tidak mampu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Guru-guru ini masih menggunakan metode dan media model lama. Mereka sama sekali tidak pernah menggunakan teknologi. Hal ini kemungkinan fasilitas sarana dan prasarananya yang tidak ada. Ketiga golongan guru inilah kenyataan yang berada di lapangan. Para guru ini yang akan menghadapi para peserta didik. Dengan kondisi ini, dampak dunia pendidikan sangat terasa. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Dunia pendidikan, organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB Unesco menyebut hampir 300 juta siswa di seluruh dunia terganggu sekolahnya dan terancam hak-hak pendidikan mereka di masa depan. Bahkan, di Indonesia Kemendikbud memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional 2020. Pembelajaran pun dilakukan di rumah. Para guru diminta untuk membuat rencana pembelajaran. Hal ini bukanlah hal mudah untuk mengubah kebiasaan mengajar di depan kelas dengan mengajar virtual tidak gampang. Bukan hanya guru yang harus beradaptasi dengan kondisi ini, melainkan orang tua dan peserta didik juga harus beradaptasi. Orang tua harus siap mendampingi anaknya belajar di rumah. Awalnya menyenangkan bagi siswa tertentu, tetapi akan membosankan jika terlalu lama. Orang tua mulai kerepotan mendampingi anaknya karena mereka juga memiliki aktivitas lain yang berbarengan dengan kegiatan itu. Pembelajaran tidak lagi menyenangkan bagi peserta didik, tetapi sebaliknya, mereka jenuh dan bosan. Mereka rindu ke sekolah.

Deskripsi Manfaat

Akan tetapi, pandemi ini dapat diambil manfaatnya, yaitu kesiapan guru dalam kondisi apapun dan kreativitas guru dalam pembelajarannya kepada peserta didik. Guru-guru diharapkan tidak hanya memberikan tugas dan tugas kepada peserta didik sehingga membuat mereka stres. Guru juga harus dapat mengubah kebiasaannya dalam mengajar. Sebelumnya, guru terbiasa mulai mengajar dari konten kemudian proses. Karena kondisi ini, pembelajaran pun harus disesuaikan. Guru harus terbiasa mulai mengajar dari proses baru kemudian kontennya. Hal ini membutuhkan pelatihan untuk para guru. Selain itu, guru harus siap membuka dirinya terhadap kemajuan teknologi demi kepentingan dan kemajuan peserta didik serta pendidikan di Indonesia.

18. Makanan Khas Indonesia

Definisi Umum

Makanan khas Indonesia merupakan cerminan akan ragamnya budaya dan tradisi dari kepulauan Nusantara yang terdiri atas 6.000 pulau ini. Secara umum makanan Indonesia memang kaya akan rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren. Bumbu-bumbu tersebut digunakan untuk memberikan aroma yang khas untuk makanan Indonesia.

Deskripsi Bagian

Beberapa jenis hidangan asli Indonesia dapat juga ditemukan di beberapa negara terutama di benua Asia. Makanan Indonesia yang populer seperti sate, rendang, dan sambal sangat digemari di Malaysia dan Singapura. Di negara tersebut juga ditemukan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe. Tempe dianggap sebagai penemuan asli Jawa, khususnya adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom. Makanan ini mirip dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda. Di Jawa Barat makanan oncom ini sangat populer.

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang berbeda. Contohnya, kota Jakarta identik dengan kerak telor, kota Yogyakarta identik dengan gudeg, sedangkan kota Semarang identik dengan lumpia. Tidak hanya ketiga kota tersebut yang memiliki makanan khas, di ujung utara pulau Sumatera pun juga memiliki makanan khas yang terkenal yaitu Bika ambon. Sementara itu, di ujung paling timur Indonesia tepatnya Papua terkenal dengan makanan khasnya yaitu Papeda, yakni makanan yang berbahan dasar sagu.

Deskripsi Manfaat

Makanan khas Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Selain itu, makanan khas tersebut juga berfungsi sebagai wujud kebudayaan Indonesia dan menjadi identitas bangsa Indonesia.

19. Kunang – Kunang

Definisi Umum

Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia.

Deskripsi Bagian

Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Kuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal perteluran kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya.

Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Serangga bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2 cm. Bagian tubuh kunang-kunang hampir seluruhnya berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk.

Deskripsi Manfaat

Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva.

Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Spesies kunang-kunang juga kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.

20. Manggis

Definisi Umum

Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia. Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Buah pohon manggis juga disebut manggis. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur. Manggis menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan atau biasa disebut sebagai pangan fungsional.

Deskripsi Bagian

Pohon dan daun manggis memiliki ciri khas. Tinggi pohon manggis rata-rata mencapai 6-25 m. Manggis memiliki ciri daun rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek. Daun manggis tebal serta lebar. Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya. Bunga manggis disebut bunga berumah dua.

Pada pohon manggis bunga betina yang dijumpai, sedangkan bunga jantan tidak berkembang sempurna. Bunga jantan tumbuh kecil kemudian mengering dan tidak dapat berfungsi lagi. Oleh karena itu, buah manggis dihasilkan tanpa penyerbukan. Bunga manggis termasuk bunga sendiri atau berpasangan di ujung ranting, bergagang, dan pendek tebal. Bunga manggis berdiameter 5,5 cm. Daun kelopak dua pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging, berwarna hijau – kuning dengan pinggir kemerah-merahan. Benang sari semu dan biasanya banyak.

Deskripsi Manfaat

Buah manggis memiliki beberapa manfaat. Di kalangan masyarakat tradisional sendiri, buah manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, abses, dengan kemampuan anti peradangan atau anti inflamasi. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan antioksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin.

Manggis buah asli Indonesia yang khas. Selain rasa yang manis dan penampilannya yang enak dilihat, buah manggis juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai teks laporan hasil observasi singkat berserta dua puluh contoh beserta struktur teksnya yang dapat Anda simak. Semoga dengan adanya informasi dan contoh tersebut dapat memudahkan Anda untuk membuat teks laporan hasil observasi terhadap suatu objek.

Objek apa saja biasanya yang bisa di observasi?

Keadaan alam, lingkungan, sosial, tumbuhan, hewan, sebuah peristiwa, kebudayaan, dan kesenian.

Bagaimana langkah awal membuat teks laporan hal observasi singkat?

Langkah awalnya yaitu dengan menentukan tema dan objek yang akan di observasi terlebih dahulu.

Apa tujuan membuat teks laporan hasil observasi singkat?

Untuk memberikan informasi mengenai suatu objek dan menjelaskan objek tersebut secara rinci.


+ There are no comments

Add yours